Saturday, July 23, 2016

Karapan Burung Dara - Desa Candi

Tags

Apa yang akan anda pikirkan ketika ada seseorang yang menyebut kata “Karapan Sapi?” yaps , pasti anda akan memikirkan pulau dimana karapan sapi itu berasal yakni pulau Madura. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa di pulau garam ini tidak hanya terdapat karapan sapi saja namun terdapat juga karapan-karapan yang ain seperti karapan burung dara .

Karapan burung adalah salah satu jenis permainan yang di gandrungi oleh kaum adam di Madura. Karapan burung dara ini adalah permainan lintas usia alias dapat dimainkan oleh usia berapapun , bukan hanya bapak-bapak ataupun remaja namun anak kecil pun menekuni hobi karapan burung dara dan mereka juga tidak mau ketinggalan untuk mengikuti acara yang biasanya di lakukan di tanah lapang pada sore hari itu.
Cara bermain permainan karapan burung ini hampir sama dengan permainan adu burung yang terdapat pada tempat-tempat lainnya yakni dengan melepaskan salah satu pasangan burung dara dan ketika pasangan sudah terdapat pada jarak tertentu, pasangan yang lain dipegang oleh sang pemilik burung. Burung dara yang paling cepat kembali kepada pasangannya akan menjadi pemenang lomba.
 Animo masyarakat Desa Candi terhadap permainan ini sangat tinggi, apalagi ketika ada event karapan burung dara yang di adakan oleh beberapa warga dan mendapatkan dukungan oleh kepala desa setempat.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon