Friday, August 5, 2016

Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi Berkonsentrat - Desa Candi

Tags

Pakan adalah bahan makanan tunggal atau campuran, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diberikan kepada hewan untuk kelangsungan hidup, berproduksi dan berkembang biak. Pakan ternak adalah bahan makanan yang dapat dimakan, dicerna atau dikonsumsi oleh ternak. Pakan ternak yang baik adalah pakan yang dapat memberikan seluruh kebutuhan nutrisi secara tepat. Pakan yang berkualitas akan sangat mendukung peningkatan produksi maupun reproduksi ternak. Berdasarkan jenisnya pakan ternak terbagi menjadi tiga yaitu: hijauan, konsentrat dan suplemen.
Pembuatan pakan ternak berkonsentrat merupakan suatu usaha pencampuran bahan pakan yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan zat-zat makanan terutama vitamin dan mineral. Pemberian pakan konsentrat yang berkualitas tinggi akan mempercepat pertumbuhan hewan ternak karena pakan konsentrat mudah dicerna dengan baik sehingga pertumbuhan dan berat badan yang diharapkan dapat tercapai dalam waktu yang singkat.
Fermentasi adalah proses yang memanfaatkan kemampuan mikroba untuk menghasilkan metabolit primer dan metabolit sekunder dalam suatu lingkungan yang dikendalikan. Fermentasi merupakan proses pengubahan bahan organik menjadi bentuk lain yang lebih berguna dengan bantuan mikroorganisme secara terkontrol. Beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh dari proses pembuatan pakan melalui proses fermentasi yaitu : menghilangkan atau mengurangi zat antinutrisi, meningkatkan kandungan nutrisi, meningkatkan kecernaan, menaikkan tingkat kesehatan dan lebih menyehatkan, dan dapat menaikkan waktu simpan, tahan lama dan awet.
            Berdasarkan hal tersebut, kelompok KKN 56 Universitas Trunojoyo Madura tahun ajaran 2015-2016 memberikan penyuluhan sekaligus praktek pembuatan pakan ternak fermentasi berkonsentrat di desa Candi, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Hal ini di lakukan karena rata-rata masyarakat di desa Candi adalah petani yang juga memelihara hewan ternak seperti kambing dan sapi. pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi berkonsentrat adalah inovasi baru khususnya bagi masyarakat dalam memelihara hewan ternak. cara pembuatan pakan fermentasi ini adalah dengan mencampur pakan asli hijauan atau jerami (limbah pertanian) dengan pakan tambahan seperti dedak atau gilingan jagung dan juga di tambah dengan EM 4, tetes tebu dan urea. Setelah semua bahan di campurkan lalu di simpan dalam tong kedap udara karena dalam proses ini di butuhkan penyimpanan tanpa oksigen (anaerob). Setelah 4-6 hari, hasil fermentasi ini bisa di buka. Proses fermentasi bisa dikatakan berhasil jika. Hasil dari fermentasi pakan ternak ini bisa di simpan dalam kurun waktu 3-6 bulan, jadi ini membantu jika saat musim kemarau tiba. Tujuan fermentasi pakan ternak ini agar pakan tersebut mudah dicerna oleh ternak karena pakan ternak yang telah di fermentasi akan mengurangi beban kerja rumen ternak. Selain itu pakan ini juga bergizi untuk hewan ternak sehingga dapat membantu penggemukan hewan ternak dalam waktu yang cukup singkat.


EmoticonEmoticon