Friday, August 11, 2017

Urgensi Pendidikan Bagi Desa Candi

Tags


Menurut Soelaieman, Pendidikan adalah suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan dengan maksud agar anak atau orang yang dihadapi itu akan menigkatkan pengetahuannya, kemampuannya, akhlaknya, bahkan seluruh pribadinya. Sedangkan Jean Praget mengatakan, pendidikan berarti menghasilkan atau menciptakan walaupun tidak banyak. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa urgensi pendidikan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan dalam perbuatan atau tindakan yang dilakukan dengan maksud agar anak atau orang yang dihadapi itu akan menigkatkan pengetahuannya, kemampuannya, akhlaknya, bahkan seluruh pribadinya, tak terkecuali bagi Desa Candi,Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep.
Di Desa Candi Kec.Dungkek, lebih tepatnya di Ds.Poja I, Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi anak-anak mereka bahkan sejak mereka dalam kandungan. Seperti hal nya di Yayasan Pondok Pesantren Al- Kirom, para anak-anak di Desa Candi mulai mengenyam pendidikan sejak usia 4 bulan, lebih tepatnya di lembaga PAUD Al-Kirom. Bahkan untuk beberapa waktu kedepan pengasuh Pesantren al-kirom berfikir untuk memberikan pendidikan kepada anak yang masih dalam kandungan,yakni terhadap ibu-ibu yang sedang hamil tentunya dengan metode-metode tertentu seperti membuat para ibu hamil membaca ataupun mendengarkan sesuatu yang diharapkan memberikan pengaruh baik terhadap kecerdasan otak anak.
Masyarakat Desa Candi menganggap bahwa belajar dari usia yang sangat dini dapat memberikan efek yang besar terhadap pola piker anak. Terbukti dengan diterapkannya pembelajaran seperti itu memberikan pengaruh positif terhadap anak, anak yang mengikuti pendidikan sejak dini memiliki kemampuan yang lebih dari pada anak lain seusianya yang tidak mengikuti pembelajaran sejak bayi.

Tentu pola pendidikan di Desa Candi Kec.Dungkek Kab.Sumenep ini memberikan sebuah hal yang positif terhadap perkembangan anak yang mana akan menjadi generasi penerus Desa Candi tersebut, bahkan bukanlah suatu hal yang tidak mungkin bahwa Desa Candi akan menjadi jauh lebih berkembang bahkan menjadi desa yang maju dari pada desa lainnya pada generasi selanjutnya. Tidak hanya untuk Desa Candi, bahkan mungkin juga akan menjadi contoh bagi desa lain yang ada di Sumenep maupun seluruh Nusantara.


EmoticonEmoticon